Bahaya Mesin Fotokopi dan Printer Laser

APA POTENSI BAHAYA DARI ALAT-ALAT KANTOR ITU?
Toner kering moderen sangat jarang menjadi bahaya bagi kulit dan mata kita. Menghirup toner dapat menyebabkan iritasi pada pernafasan, tetapi tidak menyebabkan timbulnya kanker pada tingkat paparan normal bagi pekerja yang menggunakan mesin fotokopi di kantor.
Cairan toner moderen sangat jarang membuat iritasi pada kulit tetapi jika terpapar dengan solven yang ada di dalamnya dapat menyebabkan kulit kering dan pecah-pecah, dan sangat membuat mata menjadi iritasi. Bahaya yang sama berlaku pada bermacam-macan zat pencuci yang digunakan untuk membersihkan peralatan cetak. mereka juga dapat mengakibatkan bahaya kebakaran jika tidak disimpan dengan benar. Keseringan kontak dengan toner atau bahan pembersih lainya dapat menyebabkan dermatitis atau asma.
Kebanyakan peralatan moderen tidak memberikan bahaya lampu yang terang dalam jangka waktu pendek dapat menyebabkan mata anda lelah, tetapi sangat dianjurkan untuk tetap menjagamesin fotokopi ini tetap tertutup. Radiasi sinar ultraviolet dapat dilepaskan melalui plat kaca tetapu tingkatnya sangat rendah.
Semua printer lase diklasifikasikan sebagai produk kelas 1 maksudnya dibawah kondisi normal radiasi laser tidak dapat masuk dan bagaiamanapun tidak berbahaya kecuali laser tersebut disalahgunakan atau dilepas. Hanya petugas teknis aygn telah terlatih dengan benar yang mentaati prosedur kerja aman manufaktur dapat melakukan perawatan atau perbaikan.
Kendaraan ayang tua dan tidak dirawat dan berada di dalam ruang yang berfentilasi buruk dapat menimbulkan tingkat variasi gas termasuk ozon. Ozone memiliki bau-bauan yang enak. pada konsentrasi yang membahayakan dapat menimbulkan iritasi pada mata dan saluran pernafasan. Paparan yang buruk dapat menyebabkan kerusakan paru-paru. Lingkungan kantor tidak menyediakan tingkat paparan yang siknifikan sehingga batasan paparan kerja dapat dilanggar jika ventilasi tidak baik.
Kemajuan teknologi informasi yang demikian pesat membuat bola dunia terasa makin kecil dan ruang seakan menjadi tak berjarak lagi. Cara pandang terhadap duniapun sudah berubah. Teknologi informasi dalam perubahan cara pandang itu telah menjadi ujung tombak berbagai perubahan lain yang dirasakan manusia di muka bumi ini. Namun, perubahan macam apa yang diciptakan dan ke arah mana perubahan itu berjalan? Siapa yang diuntungkan dan siapa pula yang dirugikan?

Mengatasi Rasa Jenuh

Jenuh, suatu kata yang sering kita rasakan atau bahkan kita keluhkan dalam aktivitas sehari-hari. Kejenuhan adalah tekanan. Siapapun yang merasa jenuh, dia akan berusaha sekuat tenaga melepaskan diri dari tekanan itu. Solusi paling umum yang ditempuh untuk mengatasi kejenuhan adalah mencari hiburan. Sebagian hiburan bernilai positif, sebagian yang lain tidak. Agar tidak salah dalam memilih dan mengonsumsi hiburan, hanya kepada Allah kita berlindung diri.
Kejenuhan merupakan masalah semua orang. Untuk itu kita dituntut memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk mengatasi masalah ini. Paling tidak, dengan bekal pengetahuan yang dimiliki, seseorang bisa terhindar dari resiko-resiko buruk dibalik kejenuhan.
Seperti dalam buku Abu Abdirrahman Al-Qawiy yang berjudul “Mengatasi Kejenuhan”, banyak menceritakan tentang fenomena kejenuhan dan cara mengatasinya. Kejenuhan datang seperti tiupan angin; Saat-saat tertentu ia datang, lalu pergi. Namun ada jenis kejenuhan yang sangat serius. Kejenuhan tipe ini seperti badai Tornado; Ia datang mengurung hidup seseorang, merusaknya, lalu melempar orang itu kelembah kebinasaan. Inilai kejenuhan hidup, orang merasa bosan untuk hidup lebih lama dimuka bumi.
Jenuh banyak memiliki ragam, beberapa kejenuhan yang bertebaran disekitar kita seperti: Jenuh Belajar, Bekerja, Berkarya, Berbisnis, Belajar Agama, di Rumah, Memimpin, dan Jenuh Hidup. Dan jenuh juga ada positifnya yaitu jenuh terhadap segala sesuatu yang buruk dan menyimpang. Mengenai jenuh belajar, sebagai seorang siswa itu salah satu kejenuhan yang sering saya temui, alami dan dirasakan.
Maaf kawan
Bukan maksud menggurui, ketika seorang siswa yang sedang bermain atau bahkan tidur disaat proses belajar-mengajar, sang guru hanya menyalahkan siswa tersebut dengan memberi teguran atau bahkan hukuman, itu akan meruntuhkan semangat dan mental belajar siswa tersebut. Seharusnya seorang guru tidak hanya dapat menyalahkan seorang siswa tetapi juga intropeksi diri merubah sistem belajar seperti mengadakan games/permainan, kuis, berdiskusi atau lain sebagainya yang lebih seru dan mengasyikkan, dengan begitu rasa kejenuhan akan berkurang dan semangat belajar kembali timbul.
Itu semua merupakan fenomena kejenuhan yang ada disekitar kita. Dan kejenuhan sangat berpengaruh seperti penyakit, melemahkan semangat, meluruhkan kekuatan (tekad). Kejenuhan banyak menimbulkan dampak negatif yang selama ini banyak dirasakan, diantaranya :
1.      Sebagai penyakit. Kejenuhan dapat menghalang orang untuk melanjutkan pekerjaan, ia tidak memiliki cukup tekad untuk menuntaskan pekerjaan, kita harus menyikapinya secara bijaksana agar penyakit ini tidak berlanjut.
2.      Produktifitas menurun. Ketika orang merasa jenuh, saat itu produktifitas kerjanya menurun, Dia malas bekerja, semangatnya luntur, dan ingin melakukan hal-hal lain untuk mengusir kejenuhan.
3.      Rencana gagal. Kejenuhan bisa mengacaukan rencana yang sudah disusun. Sebuah rencana mungkin sudah dipersiapkan dengan sangat baik, namun kejenuhan yang tiba-tiba muncul ditengah jalan, bisa menjadi musibah yang sangat menyakitkan.
4.      Hasil tidak matang. Kerja maksimal akan diperoleh ketika seseorang mampu mempertahankan irama kerja, dan menjauhkan dari kejenuhan.
5.      Muncul sikap usil. Seseorang merasa jenuh dengan keadaan yang ada, kemudian dia mencari hiburan-hiburan segar “segar” dengan cara berbuat usil kepada kepada orang-orang disekitarnya.
6.      Sikap antipati. Kejenuhan juga bisa menimbulkan sikap antipati yaitu sikap kebencian luar biasa terhadap sebab-sebab yang menimbulkan kejenuhan. Tentu ini lebih serius dari pada dampak yang lain.
7.      Mencari pelarian. Berbeda dengan sikap antipati, orang yang jenuh namun tidak berdaya melawan kejenuhan itu, maka dalam kondisi seperti itu, apa yang sering orang lakukan adalah mencari pelarian. Mereka akan melakukan apa saja untuk menghibur diri.
8.      Memicu kezhaliman. Kejenuhan luar biasa juga bias memicu orang untuk berbuat kezhaliman terhadap orang lain. Kejenuhan adalah tekanan, maka setiap orang membenci tekanan itu. Banyak cara yang ditempuh untuk membebaskan diri dari tekanan, kalau perlu dengan cara mengorbankan orang lain. Inilah praktek kezhaliman.
9.      Menimbulkan frustasi. Dampak paling serius dari kejenuhan adalah frustasi. Tekanan kejenuhan yang sangat berat tidak mampu diatasi dengan cara apapun. Dalam keadaan demikian orang kehilangan kepercayaan terhadap hidup yang dia jalani. Dia berfikir, mengakhiri hidup secara sengaja adalah pilihan terbaik. Padahal Allah telah melarang sikap frustasi
Ada beberapa prinsip penting yang perlu dipahami sebelum kita melangkah mencari solusi-solusi kongret atas problema kejenuhan. Prinsip-prinsip itu merupakan arahan untuk menyikapi kejenuhan secara bijaksana. Secara berurutan prinsip-prinsip tersebut dipaparkan sebagaimana dibawah ini.
1.      Perubahan suasana. Kejenuhan terjadi karena suasana yang berulang-ulang (monoton). Maka inti solusi dari problema kejenuhan adalah perubahan suasana. Dia harus mau keluar dari suasana lama yang mengelilingi, lalu masuk ke suasana baru yang lebih segar dan dinamis. Jika tindakan ini ditempuh, insya Allah kejenuhan itu akan terobati.
2.      Kesegaran. Mengapa kita perlu kesegaran? Sebab dengan kesegaran itu kita merasakan semangat (spirit) yang tinggi. Segala sesuatu yang kaku, monoton dan sejenisnya cenderung tidak disukai, sebab semua itu berpengaruh menurunkan semangat.
3.      Berfikir manfaat. Apapu kesibukan, jika disana ada hasil nyata yang diperoleh, seseorang akan memaksakan diri untuk menekuni kesibukan itu. Salah satu penyebab kejenuhan yaitu kemandegan prestasi. Seseorang terus menerus bekerja, tapi tidak mendapat hasil, akhirnya dia pun merasa jenuh. Dia bukan jenuh karena proses, tapi jenuh karena hasil.
4.      Melihat kebawah. Kita jangan memandang diri lebih mulia dari orang lain, sehingga memudahkan alasan kejenuhan. Kita harus mau menengok kebawah. Disana banyak sekali orang-orang yang kurang beruntung. Oleh karena itu, hargailah kesempatan, lalu ambilah masa kejenuhan sekedarnya saja.
5.      Rasa tanggung jawab. Cara efektif untuk mengatasi rasa jenuh adalah dengan memikirkan tanggung-jawab diri.
6.      Merenungi karya besar. Dengan merenungi karya besar, akan tumbuh energi besar dalam diri kita.
Demikianlah, fenomena kejenuhan sebenarnya memberikan hikmah yang sangat tinggi. Melalui kejenuhan kita diajak memahami bahwa kenikmatan hidup didunia ini sangatlah terbatas. Setinggi apapun nikmat dunia, lama-lama ia akan menjenuhkan. Maka janganlah kita menjadikan dunia itu sebagai tujuan tertinggi, sebab kenikmatan dunia pasti akan menjenuhkan. Jika ada yang tidak jenuh, maka ia adalah ketenangan jiwa, sedang hal itu hanya bisa diraih dengan keimanan.

Perangkat-Perangkat Komputer

Beberapa perangkat komputer yang sering kita kenal adalah:
MOTHERBOARD
Adalah perangkat komputer yang merupakan tempat dimana alat alat elektronik yang lain dari komputer diletakkan. Banyak soket soket pada motherboard, seperti untuk processor, PCI Card dan lain lain. Gambar disamping adalah salah satu motherboard.
MODEM INTERNAL

Adalah perangkat yang berfungsi mengubah sinyal sinyal analog menjadi sinyal digital dan juga sebaliknya, Modem singkatan dari Modulasi De Modulasi. Pada gambar disamping adalah Modem Internal yang dipasang pada PCI Card di motherboard, pada bagian samping terdapat konektor untuk menguhungkan modem dengan line telepon.

LAN CARDGambar adalah gambar LAN Card yaitu sebuah card yang digunakan untuk menghubungkan antara komputer yang satu dengan komputer yang lain. LAN Card ini dipasang pada mother board pada slot PCI Card, untuk mengubungkan antar komputer yang satu dengan komputer yang lain menggunakan kabel UTP yang terdiri dari 8 buah kabel dengan warna warna tertentu, soket yang digunakan adalah soket RJ-45. Untuk jenis Network yang dipilih bisa menggunakan Peer to peer atau menggunakan yang lainnya. Apabila dihubungkan dengan lebih dari dua komputer biasanya membtuhkan alat tambahan yang disebut HUB.
VGA CARD

VGA CARD adalah sebuah kartu atau Card yang digunakan untuk meneruskan informasi dari motherboard menuju ke layar monitor, sehingga menjadi informasi yang dapat dibaca oleh manusia. Pada beberapa jenis komputer sekarang ini biasanya VGA Card sudah OnBoard artinya sudah langsung menjadi satu pada motherboard. Namun ada juga kadang yang tidak On Board.
HARD DISK
Hard disk adalah perangkan penyimpanan atau storage device, yang berkapasitas sangat besar. Hardisk ini biasanya dihubungkan pada Motherboard dengan menggunakan kabel ATA atau SATA. dengan adanya hard disk ini maka kita dapat melakukan penyimpanan data maupun software dalam jumlah yang sangat besar

Sejarah Teknologi Informasi

Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi, bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain tetapi itu tidak bertahan secara lama karena Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas.
Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.
Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.
Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, televisi, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.

[sunting] Informasi umum


Informasi dan Teknologi komunikasi 2005
TI adalah bidang pengelolaan teknologi dan mencakup berbagai bidang yang termasuk tetapi tidak terbatas pada hal-hal seperti proses, perangkat lunak komputer, sistem informasi, perangkat keras komputer, bahasa program , dan data konstruksi. Singkatnya, apa yang membuat data, informasi atau pengetahuan yang dirasakan dalam format visual apapun, melalui setiap mekanisme distribusi multimedia, dianggap bagian dari TI. TI menyediakan bisnis dengan empat set layanan inti untuk membantu menjalankan strategi bisnis: proses bisnis otomatisasi, memberikan informasi, menghubungkan dengan pelanggan, dan alat-alat produktivitas.
TI melakukan berbagai fungsi (TI Disiplin/Kompetensi) dari meng-instal Aplikasi untuk merancang jaringan komputer dan Database informasi. Beberapa tugas yang TI lakukan mungkin termasuk manajemen data, jaringan, rekayasa perangkat keras komputer, database dan desain perangkat lunak, serta manajemen dan administrasi sistem secara keseluruhan. Teknologi informasi mulai menyebar lebih jauh dari konvensional komputer pribadi dan teknologi jaringan, dan lebih ke dalam integrasi teknologi lain seperti penggunaan ponsel, televisi, mobil, dan banyak lagi, yang meningkatkan permintaan untuk pekerjaan .
Di masa lalu, para (Dewan Akreditasi untuk Engineering dan Teknologi) dan Asosiasi untuk mesin komputasi telah bekerjasama untuk membentuk akreditasi dan standar kurikulum [4] untuk program degrees di Teknologi Informasi sebagai bidang studi dibandingkan [5] dengan Ilmu Komputer and Sistem Informasi. SIGITE (Special Interest Group for IT Education)[6] adalah kelompok kerja ACM untuk mendefinisikan standar ini. Pendapatan layanan TI di seluruh dunia sebesar $ 763.000.000.000 di tahun 2009.[7]

Pertumbuhan dan kapasitas teknologi
Hilbert dan Lopez[8] mengidentifikasi kecepatan eksponensial perubahan teknologi (semacam hukum Moore): mesin 'aplikasi-spesifik untuk menghitung kapasitas informasi per-kapita memiliki sekitar dua kali lipat setiap 14 bulan antara 1986-2007; kapasitas per-kapita di dunia komputer tujuan umum telah dua kali lipat setiap 18 bulan selama dua dekade yang sama, kapasitas telekomunikasi global per-kapita dua kali lipat setiap 34 bulan; kapasitas penyimpanan dunia per kapita yang dibutuhkan sekitar 40 bulan untuk menggandakan (setiap 3 tahun); dan informasi siaran per kapita telah dua kali lipat sekitar setiap 12,3 tahun.[8]

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

Saat ini komputer bukan lagi merupakan barang mewah, alat ini sudah digunakan di berbagai bidang pekerjaan seperti halnya pada bidang pendidikan. Pada awalnya komputer dimanfaatkan di sekolah sebagai penunjang kelancaran pekerjaan bidang
administrasi dengan memanfaatkan software Microsoft word, excel dan access.
Dengan masuknya materi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kurikulum baru, maka peranan komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran. Kutipan dari Kurikulum untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi
·  Visi mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu agar siswa dapat dan terbiasa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal untuk mendapatkan dan memproses informasi dalam kegiatan belajar, bekerja, dan aktifitas lainnya sehingga siswa mampu berkreasi, mengembangkan sikap imaginatif, mengembangkan kemampuan eksplorasi mandiri, dan mudah beradaptasi dengan perkembangan baru di lingkungannya · Melalui mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi diharapkan siswa dapat terlibat pada perubahan pesat dalam kehidupan yang mengalami penambahan dan perubahan dalam penggunaan beragam produk teknologi informasi dan komunikasi.
Siswa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif. Dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi, siswa akan dengan
cepat mendapatkan ide dan pengalaman dari berbagai kalangan. Penambahan kemampuan siswa karena penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi akan mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga siswa
dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal, termasuk apa implikasinya saat ini dan dimasa yang akan datang.
· Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.
· Secara khusus, tujuan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah:
1. Menyadarkan siswa akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah sehingga siswa dapat termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.
2. Memotivasi kemampuan siswa untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga siswa bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan seharihari secara mandiri dan lebih percaya diri.
3. Mengembangkan kompetensi siswa dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan seharihari.
4. Mengembangkan kemampuan belajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong siswa terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
5. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggungjawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah seharihari.
Dengan melihat isi dari kurikulum tersebut, kita harus mengintegrasikan TIK dalam proses belajar mengajar di madrasah bukan hanya untuk mata pelajaran teknologi dan informasi saja. Melihat kondisi TIK pada saat ini dan perkembangannya di masa datang, kita harus mempersiapkan diri dan melakukan perencanaan yang matang dalam mengimplementasikan TIK di madrasah. Jika kita tidak memulainya sekarang maka madrasah sebagai salah satu institusi pendidikan selain sekolah yang berada dibawah Depdiknas akan tertinggal oleh sekolah lain. Jika ini terjadi, usaha kita akan semakin berat untuk mensejajarkan madrasah dengan sekolah lain. Di satu sisi, kita sedang berusaha mengejar ketertinggalan dalam mata pelajaran khususnya MIPA dan BahasaInggris, di sisi lain TIK akan membuat kita tertinggal semakin jauh. Mengamati Program Pengembagan TIK yang dilakukan Depdiknas Untuk mengejar ketertinggalan pemanfaatan TIK di sekolah dari negara lain, saat iniDepdiknas mempunyai program pengembangan TIK secara besarbesaran.
Ada tiga posisi penting di Depdiknas dalam program pengembangan TIK, yaitu:
1.    Bidang kejuruan, TIK menjadi salah satu jurusan di SMK. Pengembangan TIK secara teknis baik hardware dan software masuk dalam kurikum pendidikan. Dibentuknya ICT center di seluruh Indonesia. Untuk menghubungkan sekolahsekolah di sekitar ICT center dibangun WAN (Wireless Area Network) Kota.
2.    Pustekkom, sebagai salah satu ujung tombak dalam pengembangan TV pendidikan interaktif, Elearning dan ESMA. Program ini bertujuan untuk mempersempit jurang perbedaan kualitas pendidikan antara kota besar dengan daerah.
3.    Jardiknas (Jejaring Pendidikan Nasional), bertujuan untuk mengintegrasikan kedua program di atas agar terbentuk sebuah jaringan yang menghubungkan semua sekolah di Indonesia. Sehingga diperkirakan di masa depan semua sekolah di Indonesia akan terkoneksi dengan internet. Melihat program yang diadakan oleh Depdiknas kita bisa memanfaatkan fasilitas tersebut karena bersifat terbuka.
Pengembangan TIK di Madrasah secara Mandiri
Kita belum terlambat untuk mempersiapkan diri dalam penguasaan TIK sebagai media pembelajaran di madrasah. Mulai saat ini pihak madrasah dan Majlis Madrasah harus membuat sebuah program pengembangan TIK secara menyeluruh. Ada beberapa poin untuk membuat suatu perencanaan pengembangan TIK, diantaranya:
1.  Mempersatukan visi dan misi pengembangan TIK yang ingin dicapai antara Kepala sekolah, guru dan majlis madrasah.
2.  Pembentukan Komite Teknologi (Organisasi Labkom) yang mandiri
3. Mengidentifikasi infrastruktur lembaga, baik hardware, software maupun sistem dan jaringan yang sudah dimiliki
4.  Penentuan hardware dan software yang akan digunakan atau dikembangkan.
5. Mengidentifikasi SDM yang dimiliki
6.  Menentukan bentuk pelatihan penguasaan TIK baik untuk guru dan staf lainnya.
7.  Adanya Time schedule yang jelas untuk pencapaian program
8.  Penentuan Investasi yang diperlukan secara berkala tiap tahun
9.  Mengidentifikasi perkembangan software dan kurikulum baru
10.  Mengadakan revisi perencanaan disesuaikan dengan perkembangan yang terjadi.
Dengan perencanaan yang matang, kita bisa mengembangkan TIK secara bertahap di madrasah agar tidak tertinggal dari sekolah lain. Program yang dibuat haru dilaksanakan secara berkelanjutan meskipun terjadi pergantian kepala dan majilis madrasah. Pemanfaatan TIK Sebagai Media Pembelajaran TIK bukan merupakan teknologi yang berdiri sendiri, tetapi merupakan kombinasi dari hardware dan software.Ada hal penting yang harus diperhatikan dalam memanfaatkan TIK sebagai media pembelajaran yaitu hardware dan software yang tersedia dan jenis metode pembelajaran yang akan digunakan. Beberapa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diantaranya:
1. Presentasi
Presentasi merupakan cara yang sudah lama digunakan, dengan menggunakan OHP atau chart. Peralatan yang digunakan sekarang biasanya menggunakan sebuah komputer/laptop dan LCD proyektor. Ada beberapa keuntungan jika kita memanfaatkan TIK diantaranya kita bisa menampilkan animasi dan film, sehingga tampilannya menjadi lebih menarik dan memudahkan siswa untuk menangkap materi yang kita sampaikan. Software yang paling banyak digunakan
untuk presentasi adalah Microsoft Powerpoint. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan bahan presentasi,
diantaranya:
a. Jangan terlalu banyak tulisan yang harus ditampilkan.
b. Tulisan jangan terlalu kecil karena harus dilihat oleh banyak siswa.
c. Perbanyak memasukkan gambar dan animasi
d. Usahakan bentuk presentasi yang interaktif.
2. Demonstrasi
Demontrasi biasanya digunakan untuk menampilkan suatu kegiatan di depan kelas, misalnya eksperimen. Kita bisa membuat suatu film caracara melakukan suatu kegiatan misalnya cara melakukan pengukuran dengan mikrometer yang benar atau mengambil sebagian kegiatan yang penting. Sehingga dengan cara ini siswa bisa kita arahkan untuk melakukan kegiatan yang benar atau mengambil kesimpulan dari kegiatan tersebut.
Cara lain adalah memanfaatkan media internet, kita bisa menampilkan animasi yang berhubungan dengan materi yang kita ajarkan (meskipun tidak semuanya tersedia). Sebagai contoh untuk menampilkan arah vektor dari perkalian silang kita bisa mengakses internet dengan alamat
http://www.upscale.utoronto.ca/GeneralInterest/Harrison/Flash/ClassMechanics/
RightHandRule/RightHandRule.html
3. Virtual Experiment
Maksud dari virtual eksperimen disini adalah suatu kegiatan laboratorium yang dipindahkan di depan komputer. Anak bisa melakukan beberapa eksperimen dengan memanfaatkan software virtual eksperimen misalnya Crocodile Clips. Software ini bisa didownload di http://www.crocodileclips. com/s3_1.jsp , tetapi kita harus register dulu untuk mendapatkan active code yang berlaku untuk satu bulan.
Metode ini bisa digunakan jika kita tidak mempunyai laboratorium IPA yang lengkap atau digunakan sebelum melakukan eksperimen yang sesungguhnya.
4. Kelas virtual
Maksud kelas virtual di sini adalah siswa belajar mandiri yang berbasiskan web, misalnya menggunakan moodle. Saya berikan contoh bentuk kelas maya yang sedang kami kembangkan di MAN 2 Ciamis.Pada kelas maya ini siswa akan mendapatkan materi, tugas dan test secara online. Kita sebagai guru memperoleh kemudahan dalam memeriksa tugas dan menilai hasil ujian siswa. Terutama hasil ujian siswa akan dinilai secara otomatis.
Sebenarnya banyak bentuk pemanfaatan TIK lainnya yang dapat digunakan untuk membantu siswa dalam proses belajar mengajar. Tetapi semua itu tergantung kepada kita bagaimana cara memanfaatkannya.

Tips Memilih Bahasa Pemrograman

1. Kuasai Bahasa pemrogramman yang multi platform

Multi Platform artinya bahasa prmogramman tersebut bisa dijalankan dalam berbagai sistem operasi (Minimal bisa dijalankan di Linux dan Windows).

Contoh :

- Aplikasi Desktop : Java, .NET, QT (C++)

- Aplikasi Web : PHP, Java, .NET (ASP .NET)

Mempelajari ketiga bahasa diatas tidak akan rugi karena sekarang dan kedepan, bahasa diatas menjadi trendsetter dibidangnya.

2 Kuasai Pemrogramman Web & Mobile Devices

Contoh : Java, .NET, QT

Web dan mobile devices merupakan trend kedepan. Banyak aplikasi yang dibuat sekarang ini mulai menggunakan PDA sebagai medianya. Java dengan J2ME, .NET dengan aplikasi mobilenya dan QT dengan Qtopia.


3. Tentukan Kategori Programming

Jika menjadi programmer database, kuasai aplikasi databasenya juga. Microsoft SQL Server dan MySQL Server serta PostgreSQL merupakan aplikasi yang banyak digunakan diperusahaan.


4. Fokus

Kalau tidak fokus dalam belajar bahasa pemrogramman, ilmu yang kita miliki mentah jadinya. Diminta membuat aplikasi pakai .NET hanya bisa form master saja. Diminta membuat aplikasi pakai Java, hanya bisa format konsole saja. Diminta pakai Python, hanya bisa menuliskan Hello World saja ! :-).

Tidak ada pengetahuan instant menjadi programmer yang berkompeten. Nggak mungkin menjadi programmer C# (C untuk .NET) dalam waktu sehari-dua hari. Nggak mungkin menjadi programmer Java yang handal kalau belajar cuma dari buku 24 jam mahir Java :-D.

5. Bergabung dengan Komunitas (Milis, Forum)

Perkembangan bahasa pemrogramman sangat cepat. Banyak ilmu yang kita dapatkan jika kita bergabung ke komunitas. Banyak ilmu yang sedang kita cari pemecahannya, ternyata sudah ada yang mengalami dan menyelesaikannya.

Bagaimana cara pemrogramman menggunakan Barcode ? Rekan-rekan banyak yang sudah mengaplikasikannya. Bagaimana cara membuat aplikasi untuk Toko ? Untuk Purchasing Order ? Untuk HRD ? Untuk Payroll dll ? Banyak rekan yang sudah mengaplikasikannya dan saya yakin kalau bertanya alur dan logikanya, ada banyak bantuan dari komunitas.

6. Jangan Menyerah

Banyak rekan-rekan yang langsung KO waktu diminta menjadi programmer C++. Belajar Java langsung pingsan takut nggak bisa. Belajar C# ngeper pada model OOP-nya. Belajar Python takut pusing sama bahasanya.

Bahasa yang powerfull macam C++, Java dan C# memang relatif lebih sulit dipelajari, tapi jika sudah menguasainya, bahasa lain lebih mudah diadopsi.

Faktor Utama Penyebab PC Lambat

Komputer yang lambat bisa disebabkan oleh faktor internal komputer itu sendiri
seperti :
• Processor yang kecepatan prosesnya kecil
• RAM yang kapasitasnya kecil
• Harddisk bad sector

Bagaimana jika komputer anda memiliki spesifikasi yang besar namun masih
juga lambat? Apa yang terjadi?? Berikut ini adalah pengalaman saya dalam
mengatasi komputer saya yang lambat. Dan faktor penyebabnya antara lain :
• Harddisk komputer/laptop yang sudah full atau jarang melakukan
perawatan harddisk seperti : clean up, disk defragment.
• Komputer/laptop menjalankan terlalu banyak program sehingga kerja
processor semakin berat.
• Aplikasi yang terinstall di komputer memerlukan alokasi RAM yang
besar seperti : game, video editing.
• Adanya virus dalam di komputer.
Nah kalo sudah begitu keadaannya apa yang harus anda lakukan? Bingung yah?
Sama (tapi, itu dulu, hehe)
Kalau anda masih bingung, kali ini saya akan memberikan tips-tips yang telah
saya dapatkan melalui pengalaman saya dan telah terbukti berhasil.

• Untuk Harddisk komputer/laptop yang sudah full :
Seperti yang telah saya katakan diatas jika harddisk anda full, sebaiknya
anda melakukan backup data yang jarang anda akses. Back up bisa anda
buat menggunakan DVD-rom (tentunya yang masih kosong ) karena
selain harga yang murah kapasitas DVD juga lumayan besar untuk
penyimpanan data. Dan kalau anda punya uang lebih, anda bisa tambah
harddisk anda dengan cara membeli harddisk yang kapasitasnya lebih
besar. Jika anda sudah membuat backup nya anda boleh menghapus file
yang ada di dalam komputer anda jadi harddisk bisa lebih ringan deh
kerjanya karena ga banyak data yang disimpannya. Bayangkan saja kalau
harddisk anda sudah full terus anda melakukan perintah search untuk
mencari file anda, apa yang terjadi?? Tentu proses pencariannya
memakan waktu yang lama bukan? Itu disebabkan karena harddisk
membaca satu per satu file dari semua file yang tersimpan di dalam
harddisk tersebut dan mencari file yang cocok dengan kategori yang anda
masukkan.

• Untuk Harddisk yang ga pernah didefrag (disk defragment)
Bagi anda yang jarang melakukan disk defragment ada 2 alasan yang
sangat mendasar untuk tidak melakukan hal ini seperti : malas karena
terlalu lama, tidak tau (hehe sok tau juga yah? ) Nah, untuk anda yang
belum tau cara melakukan disk defragment disini saya akan memberikan
solusi untuk anda, anda bisa melakukan defragment hanya dengan 1 klik
saja, bahkan hanya dengan 1 klik saja semua masalah yang ada dalam
komputer anda bisa diatasi, mau tau?. Untuk melakukan semua
maintenance komputer dengan mudah anda cukup menginstall TuneUp
Utility 2009 kenapa? Karena pada menu 1-klik maintenance nya software
ini akan langsung mencari masalah-masalah yang ada di dalam komputer
anda mulai dari registry error, temporary files, bahkan disk defragment
pun akan dilakukan sekalian, enak bukan? Nah buat anda yang ingin
mendapatkan software ini anda bisa klik di link ini lengkap dengan
serialnya, gratis loh TU2009 EN-US.rar jika anda ingin proses
downloadnya lebih cepat anda jadi member 4shared, dan nikmati
fasilitas-fasilitasnya.


• Komputer menjalankan program yang terlalu banyak, solusinya kurangi
menjalankan program yang tidak perlu dan kurangi menginstall program
antivirus yang lebih dari 1, itu juga bisa menyebabkan komputer lambat
bahkan bisa-bisa loading komputer menjadi lambat sekali. Anda bisa
menggunakan 1 antivirus yang menurut anda handal. Kalau untuk saya
antivirus yang saya gunakan itu avast antivirus karena antivirus ini
cukup handal untuk komputer/laptop yang terhubung ke internet.
Biasanya untuk browser tertentu memiliki lubang keamanan yang bisa
dimasuki oleh virus dan avast bisa mendeteksi virus tersebut bahkan
pada keadaan online maupun offline. Untuk virus local anda bisa
menggunakan ansav, pcmav, maupun smandav. Semua tergantung anda.

• Aplikasi yang terinstall di komputer memerlukan alokasi RAM yang
besar :
Ini biasanya kita temui pada game-game pc, faktor yang menyebabkan
game lambat/bahkan macet adalah tidak hanya RAM yang kecil,
kemungkinan itu ada sangkut pautnya dengan VGA card anda. Untuk
game yang memiliki grafik yang tinggi biasanya game tersebut
memerlukan kapasitas RAM, Harddisk, Processor, dan VGA card yang
tinggi juga. Kalo diantara salah satu komponen diatas ada yang masih
standar, ya wajar saja kalo game anda macet. Solusinya tambah saja VGA
card anda dengan kapasitas yang lebih besar. Atau kalo RAM anda itu
lebih dari 1 Gb anda bisa shared ke VGA lewat BIOS. Nah, untuk masalah
RAM anda bisa menaikkan virtual memory untuk membantu RAM.
Pengaturan ini bisa anda lakukan melalui menu My Computer >
Properties > Advanced > Performance, klik Settings lalu pilih Advanced >
Virtual Memory > klik Change > Setting lebih besar dari sebelumnya lalu
klik Set dan OK! Restart komputer anda.

• Untuk masalah virus yang ada dikomputer anda, anda bisa update
antivirus anda dan lakukan scaning pada harddisk anda.
Maju terus pendidikan Indonesia! Good Luck!