Tips Memilih Bahasa Pemrograman

1. Kuasai Bahasa pemrogramman yang multi platform

Multi Platform artinya bahasa prmogramman tersebut bisa dijalankan dalam berbagai sistem operasi (Minimal bisa dijalankan di Linux dan Windows).

Contoh :

- Aplikasi Desktop : Java, .NET, QT (C++)

- Aplikasi Web : PHP, Java, .NET (ASP .NET)

Mempelajari ketiga bahasa diatas tidak akan rugi karena sekarang dan kedepan, bahasa diatas menjadi trendsetter dibidangnya.

2 Kuasai Pemrogramman Web & Mobile Devices

Contoh : Java, .NET, QT

Web dan mobile devices merupakan trend kedepan. Banyak aplikasi yang dibuat sekarang ini mulai menggunakan PDA sebagai medianya. Java dengan J2ME, .NET dengan aplikasi mobilenya dan QT dengan Qtopia.


3. Tentukan Kategori Programming

Jika menjadi programmer database, kuasai aplikasi databasenya juga. Microsoft SQL Server dan MySQL Server serta PostgreSQL merupakan aplikasi yang banyak digunakan diperusahaan.


4. Fokus

Kalau tidak fokus dalam belajar bahasa pemrogramman, ilmu yang kita miliki mentah jadinya. Diminta membuat aplikasi pakai .NET hanya bisa form master saja. Diminta membuat aplikasi pakai Java, hanya bisa format konsole saja. Diminta pakai Python, hanya bisa menuliskan Hello World saja ! :-).

Tidak ada pengetahuan instant menjadi programmer yang berkompeten. Nggak mungkin menjadi programmer C# (C untuk .NET) dalam waktu sehari-dua hari. Nggak mungkin menjadi programmer Java yang handal kalau belajar cuma dari buku 24 jam mahir Java :-D.

5. Bergabung dengan Komunitas (Milis, Forum)

Perkembangan bahasa pemrogramman sangat cepat. Banyak ilmu yang kita dapatkan jika kita bergabung ke komunitas. Banyak ilmu yang sedang kita cari pemecahannya, ternyata sudah ada yang mengalami dan menyelesaikannya.

Bagaimana cara pemrogramman menggunakan Barcode ? Rekan-rekan banyak yang sudah mengaplikasikannya. Bagaimana cara membuat aplikasi untuk Toko ? Untuk Purchasing Order ? Untuk HRD ? Untuk Payroll dll ? Banyak rekan yang sudah mengaplikasikannya dan saya yakin kalau bertanya alur dan logikanya, ada banyak bantuan dari komunitas.

6. Jangan Menyerah

Banyak rekan-rekan yang langsung KO waktu diminta menjadi programmer C++. Belajar Java langsung pingsan takut nggak bisa. Belajar C# ngeper pada model OOP-nya. Belajar Python takut pusing sama bahasanya.

Bahasa yang powerfull macam C++, Java dan C# memang relatif lebih sulit dipelajari, tapi jika sudah menguasainya, bahasa lain lebih mudah diadopsi.

0 komentar:

Posting Komentar